Perkembangan Manusia

Manusia ๐Ÿšถ hidup itu mengalami dua fase yaitu : anak-anak (balita)๐Ÿ‘ถ dan dewasa ๐Ÿ‘ฑ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ง๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต . Sekarang coba kita lihat beberapa pertanyaan yang muncul ketika fase tersebut..
Sesi 1!!!!! ๐Ÿ‘ป๐ŸŽ‰
Kenapa waktu kecil khususnya waktu wajah kita masih imut-imutย  ๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘ถ dan belum bergelimang dosa ๐Ÿ˜ฑโœจ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ’ซ๐Ÿ™€ kita tak pernah mengingat kejadian indah ๐ŸŒŒ yang terjadi pada masa itu?? Padahal kita tidak pikun??
Kemudian muncul pertanyaan ๐Ÿ™‹๐Ÿ™†๐Ÿ™‹: Kok bisaaa yaaahhh ๐Ÿšผโ“
๐Ÿ˜Ž Jadi begini hal yang normal ๐Ÿ˜ dan biasa terjadi pada banyak balita ini ๐Ÿ‘ถ๐Ÿšผ๐Ÿ‘ถ๐Ÿšผ๐Ÿ‘ถ๐Ÿšผ๐Ÿ‘ถ๐Ÿšผ๐Ÿ‘ถ๐Ÿšผ๐Ÿ‘ถ๐Ÿšผ biasa disebut amnesia ๐Ÿ’ซ masa kecil ๐Ÿ‘ช. Banyak peneliti dahulu kala berasumsi ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ’น bahwa hal ini terjadi karena otak balita ๐Ÿ‘ถ belum berkembang/ masih dalam proses โ™ปโณโŒ›. Namun ternyata bayi ๐Ÿ‘ถ sudah memiliki proses mengingat ๐Ÿ’ญ ketika mereka berumur 3-6 bulan yang dapat membentuk memori ๐Ÿ’ญ jangka panjang, perbedaannya bayi ๐Ÿ‘ถ memilih untuk mempertahankan memori implisit/bawah sadar ๐Ÿ˜ด dari pada memori eksplisit/periodik/episodik ๐Ÿ”ข๐Ÿ” ๐Ÿ”ฃ. Nah memori eksplisit itu meliputi sensorik, motorik, ๐Ÿƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ„๐ŸŠ๐Ÿ‡๐Ÿšต๐Ÿšด mereka juga dalam hal ini kemampuan mereka berbicara ๐Ÿ‘ค๐ŸŽถ hal ini dikarenakan hippocampus ๐Ÿด๐ŸŠ๐ŸŽ“ dan sinaps ๐Ÿ‘ป pada otak belum berkembang secara penuh ๐Ÿ’ฏ. Sedang memori ๐Ÿ’ญ implisit adalah memori๐Ÿ’ญ yang bertempat di otak kecil ๐Ÿฃ yang memungkinkan bayi mengenal suara ๐ŸŽถ dari ibu๐Ÿ‘ฉ mereka juga kehangatan dan berbagai hal naluriah lainnya ๐Ÿพ.
Hal ini tntu sangat penting karenanya kita dapat berbicara ๐Ÿ‘ค๐ŸŽถ karena kita dapat mendengar ๐Ÿ‘ฑ dan kita dapat mengenang ๐Ÿ’ญ karena kita dapat mengenalnya dengan bahasa ๐Ÿ” ๐Ÿˆต๐Ÿˆฏ๐Ÿˆน๐Ÿˆด . Jadi mulai jelas kan suara – bicara – bahasa – memori.. ๐Ÿ‘๐ŸŽ‰๐Ÿ‘
Okee lanjut ke materi yang agak serius๐Ÿ‘ฎ
Sesi 2 !!!!! ๐Ÿ‘ป๐ŸŽ‰
Oke masuk yang ๐ŸŽŠseru nih ย masa dewasa๐Ÿ‘ฑ๐Ÿ™Ž๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ช๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต๐Ÿ‘ฝ.. Dan hanya untuk orang dewasa ๐Ÿ‘ฑ๐Ÿ™Ž๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ช๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต๐Ÿ‘ฝ. Jadi untuk Putu Arya Sani kamu tidur ๐Ÿ˜ด sana jgn dibaca!!!
Ketika dewasa ๐Ÿ’ช๐Ÿ‘ฑ๐Ÿ’ƒ khususnya masa saat twenties 20 gini kaya salah satu nama orang di group ini. Teman-teman pasti lagi sehat-sehatnya ๐Ÿฉ dan lagi cakep-cakep ๐Ÿ‘ฑ dan cantik-cantik ๐Ÿ™Ž maksimal๐Ÿ’ฏ. Ambil contoh Mas Yusdi โœจ๐Ÿ‘ฑโœจ yang semakin maksimal ๐Ÿ’ฏ dengan jambangnya ๐ŸŽ…. Nah ketika berumur 30 dan 40-an mulailah timbul tanda-tanda kebijaksanaan ๐Ÿ’Ž dan kearifan (bukan Arif Prajananta)๐Ÿ˜™. Sejak itu kita sadar ๐Ÿ˜ฑ kenapa kita menua ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต ya? Kemudian muncul pertanyaan ๐Ÿ™‹๐Ÿ’†๐Ÿ™‹ : Kok bisaaaa yaahhh ๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ตโ“
๐Ÿ˜Ž Jadi begini hal yang biasa ๐Ÿ˜ terjadi pada semua makhluk hidup ๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ฝ๐Ÿถ๐Ÿต๐Ÿน๐Ÿ”๐Ÿข๐Ÿณ๐Ÿ๐Ÿ˜ ini disebut “menua”
๐Ÿ˜“๐Ÿ˜จ๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ฑ. Nah sebelumnya tahukah kamu bahwa tubuh memberbaiki 25 juta sel baru!! ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ‘ dimana di tiap sel ada print DNA kita. Nah dari fakta di atas kita ketahui jika molekul tubuh ๐Ÿšถterus diganti โ™ป mengapa kita menua๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต??
Mengapa ๐Ÿ˜ฝ kucing hidup 20 tahun sedangkan sikung ย hanya berumur 3 tahun. Mengapa kelelawar bisa hidup sampai 20โžก30 tahun sedangkan tikus ๐Ÿญ PJMI cuma 3 tahun. Ternyata faktor makanan๐Ÿ—, berat badan ๐ŸŽŽ , ukuran otak ๐Ÿ“ atau biorama kehidupan ๐Ÿ’ƒ tidak menentukan batas umur makhluk hidup. Banyak teori ๐Ÿ”ข yang menjelaskan tentang peran hormon dan kelenjar yang tetapi mereka tak dapat menjawab ๐Ÿ™Š๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™‰ mengapa mereka berhenti. ๐Ÿ’€ Rupanya ada asumsi๐Ÿ“ˆ bahwa semua sudah terekam ๐Ÿ“ผdalam gen, dimana ketika mencapai batas umur tertentu dia memerintahkan sel tubuh untuk menghentikan fungsi normal ๐Ÿ˜ kemudian menua dan mati ๐Ÿ‘ป. Dalam pendapat ahli bio molekuler selama 4 dasawarsa kami meneliti molekuler ternyata terdapat bukti ย yang jelas bahwa hidup kita dirancang๐ŸŒ (Behe).
Wah ternyata kita terlahir ๐Ÿšผdengan suatu pelajaran dan proses yaitu mendengar ๐Ÿ‘‚– berbicara ๐ŸŽถ– tuliskan๐Ÿ“ agar dapat selalu kita ingat dan kenang ๐Ÿ’ญ. Tapi kenapa setelah kita dewasa ๐Ÿšถkita dewasa kita enggan mendengarkan ๐Ÿ˜พ kebaikan dari org lain bahkan dari orang yg dahulu suara ๐ŸŽผdan kehangatannya selalu kita nanti.โ˜บ ???? Sesungguhnya hal yang sangat baik๐Ÿ‘ diantara manusia adalah mereka yang saling menasehati dan mau mendengarkan nasihat ๐Ÿ‘‚
Semua orang pasti menua๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต dan meninggal dan penelitian ๐Ÿ”ฌdi atas cukup membuktikan ketetapan Tuhan karena tiap-tiap yang bernyawa ๐Ÿ’—pasti akan merasakan mati๐Ÿ’€. Manusia diciptakan diantara dua masa lemah, ketika kita lahir๐Ÿšผ, dan ketika kita mulai beruban๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต. Dan pertanyaan mendasar untuk apa masa kuat ๐Ÿ’ช kita isi??? Apakah untuk hal2 kebaikan atau sebaliknya???
Nikmati masa kuatmu, syukuri ๐Ÿ™ karena belum tentu yang menyenangkan ๐Ÿ’— untukmu itu baik untukmu dan yang menyakitkan ๐Ÿ’”untukmu itu buruk untukmu. Karena hidup itu perantauan carilah bekal untuk pulang ke tempat asal, sebaik-baik perantauan adalah bersama orang-orang๐Ÿ‘ซ๐Ÿ‘ฌ๐Ÿ‘ช sayangi lagi menenteramkan , saling menasehati dan mengajak kepada kebaikan๐Ÿ‘ผ. Semoga teman-teman dapat menua๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ด๐Ÿ‘ต๐Ÿ‘ต dengan orang-orang seperti di atas.
Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan๐Ÿ™‡
Dan terima kasih ๐ŸŽ karena telah diberian kesempatan untuk mengisi ODOI bagi teman-teman.. ๐ŸŽˆ๐ŸŽ‰๐ŸŽŠ๐ŸŽˆ๐ŸŽ‰๐ŸŽŠ
Silahkan membaca, semoga bisa jadi teman tidur malam ini..

One thought on “Perkembangan Manusia

  1. Ping-balik: Perkembangan Manusia | Perpustakaan Mini BPPK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s