Perkembangan Manusia

Manusia 🚶 hidup itu mengalami dua fase yaitu : anak-anak (balita)👶 dan dewasa 👱👦👧👨👩👴👵 . Sekarang coba kita lihat beberapa pertanyaan yang muncul ketika fase tersebut..
Sesi 1!!!!! 👻🎉
Kenapa waktu kecil khususnya waktu wajah kita masih imut-imut  😘👶 dan belum bergelimang dosa 😱✨👶💫🙀 kita tak pernah mengingat kejadian indah 🌌 yang terjadi pada masa itu?? Padahal kita tidak pikun??
Kemudian muncul pertanyaan 🙋🙆🙋: Kok bisaaa yaaahhh 🚼❓
😎 Jadi begini hal yang normal 😐 dan biasa terjadi pada banyak balita ini 👶🚼👶🚼👶🚼👶🚼👶🚼👶🚼 biasa disebut amnesia 💫 masa kecil 👪. Banyak peneliti dahulu kala berasumsi 😌💹 bahwa hal ini terjadi karena otak balita 👶 belum berkembang/ masih dalam proses ♻⏳⌛. Namun ternyata bayi 👶 sudah memiliki proses mengingat 💭 ketika mereka berumur 3-6 bulan yang dapat membentuk memori 💭 jangka panjang, perbedaannya bayi 👶 memilih untuk mempertahankan memori implisit/bawah sadar 😴 dari pada memori eksplisit/periodik/episodik 🔢🔠🔣. Nah memori eksplisit itu meliputi sensorik, motorik, 🏃💃🏄🏊🏇🚵🚴 mereka juga dalam hal ini kemampuan mereka berbicara 👤🎶 hal ini dikarenakan hippocampus 🐴🏊🎓 dan sinaps 👻 pada otak belum berkembang secara penuh 💯. Sedang memori 💭 implisit adalah memori💭 yang bertempat di otak kecil 🐣 yang memungkinkan bayi mengenal suara 🎶 dari ibu👩 mereka juga kehangatan dan berbagai hal naluriah lainnya 🐾.
Hal ini tntu sangat penting karenanya kita dapat berbicara 👤🎶 karena kita dapat mendengar 👱 dan kita dapat mengenang 💭 karena kita dapat mengenalnya dengan bahasa 🔠🈵🈯🈹🈴 . Jadi mulai jelas kan suara – bicara – bahasa – memori.. 👏🎉👏
Okee lanjut ke materi yang agak serius👮
Sesi 2 !!!!! 👻🎉
Oke masuk yang 🎊seru nih  masa dewasa👱🙎👫👪👨👩👴👵👽.. Dan hanya untuk orang dewasa 👱🙎👫👪👨👩👴👵👽. Jadi untuk Putu Arya Sani kamu tidur 😴 sana jgn dibaca!!!
Ketika dewasa 💪👱💃 khususnya masa saat twenties 20 gini kaya salah satu nama orang di group ini. Teman-teman pasti lagi sehat-sehatnya 🏩 dan lagi cakep-cakep 👱 dan cantik-cantik 🙎 maksimal💯. Ambil contoh Mas Yusdi ✨👱✨ yang semakin maksimal 💯 dengan jambangnya 🎅. Nah ketika berumur 30 dan 40-an mulailah timbul tanda-tanda kebijaksanaan 💎 dan kearifan (bukan Arif Prajananta)😙. Sejak itu kita sadar 😱 kenapa kita menua 👴👵 ya? Kemudian muncul pertanyaan 🙋💆🙋 : Kok bisaaaa yaahhh 👴👵❓
😎 Jadi begini hal yang biasa 😐 terjadi pada semua makhluk hidup 👫👽🐶🐵🐹🐔🐢🐳🐏🐘 ini disebut “menua”
😓😨😰😅😱. Nah sebelumnya tahukah kamu bahwa tubuh memberbaiki 25 juta sel baru!! 😱👏 dimana di tiap sel ada print DNA kita. Nah dari fakta di atas kita ketahui jika molekul tubuh 🚶terus diganti ♻ mengapa kita menua👴👵??
Mengapa 😽 kucing hidup 20 tahun sedangkan sikung  hanya berumur 3 tahun. Mengapa kelelawar bisa hidup sampai 20➡30 tahun sedangkan tikus 🐭 PJMI cuma 3 tahun. Ternyata faktor makanan🍗, berat badan 🎎 , ukuran otak 📐 atau biorama kehidupan 💃 tidak menentukan batas umur makhluk hidup. Banyak teori 🔢 yang menjelaskan tentang peran hormon dan kelenjar yang tetapi mereka tak dapat menjawab 🙊🙈🙉 mengapa mereka berhenti. 💀 Rupanya ada asumsi📈 bahwa semua sudah terekam 📼dalam gen, dimana ketika mencapai batas umur tertentu dia memerintahkan sel tubuh untuk menghentikan fungsi normal 😐 kemudian menua dan mati 👻. Dalam pendapat ahli bio molekuler selama 4 dasawarsa kami meneliti molekuler ternyata terdapat bukti  yang jelas bahwa hidup kita dirancang🌐 (Behe).
Wah ternyata kita terlahir 🚼dengan suatu pelajaran dan proses yaitu mendengar 👂– berbicara 🎶– tuliskan📝 agar dapat selalu kita ingat dan kenang 💭. Tapi kenapa setelah kita dewasa 🚶kita dewasa kita enggan mendengarkan 😾 kebaikan dari org lain bahkan dari orang yg dahulu suara 🎼dan kehangatannya selalu kita nanti.☺ ???? Sesungguhnya hal yang sangat baik👍 diantara manusia adalah mereka yang saling menasehati dan mau mendengarkan nasihat 👂
Semua orang pasti menua👴👵 dan meninggal dan penelitian 🔬di atas cukup membuktikan ketetapan Tuhan karena tiap-tiap yang bernyawa 💗pasti akan merasakan mati💀. Manusia diciptakan diantara dua masa lemah, ketika kita lahir🚼, dan ketika kita mulai beruban👴👵. Dan pertanyaan mendasar untuk apa masa kuat 💪 kita isi??? Apakah untuk hal2 kebaikan atau sebaliknya???
Nikmati masa kuatmu, syukuri 🙏 karena belum tentu yang menyenangkan 💗 untukmu itu baik untukmu dan yang menyakitkan 💔untukmu itu buruk untukmu. Karena hidup itu perantauan carilah bekal untuk pulang ke tempat asal, sebaik-baik perantauan adalah bersama orang-orang👫👬👪 sayangi lagi menenteramkan , saling menasehati dan mengajak kepada kebaikan👼. Semoga teman-teman dapat menua👴👵👴👴👵👵 dengan orang-orang seperti di atas.
Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan🙇
Dan terima kasih 🎁 karena telah diberian kesempatan untuk mengisi ODOI bagi teman-teman.. 🎈🎉🎊🎈🎉🎊
Silahkan membaca, semoga bisa jadi teman tidur malam ini..

1 thoughts on “Perkembangan Manusia

  1. Ping-balik: Perkembangan Manusia | Perpustakaan Mini BPPK

Tinggalkan komentar