Rumah..

Kata orang, rumah adalah tempat dimana suami/istrimu berada. Untuk sebagian jomblo, rumah adalah tempat dimana orang tua berada. Dan bagi sebagian jomblo perantau, rumah adalah tempat dimana kamu bisa tidur nyenyak.

Bagiku, rumah adalah tempat dimana kita bisa menemukan saudara. Saudara sekandung, saudara seperjuangan, dan sahabat yang begitu dekat bagai saudara. Dulu aku pikir Bintaro bisa jadi rumah keduaku, sekarang pun masih. Hanya saja sepertinya Bintaro tak senyaman yang dulu.

Kelulusan kuliah dan tanggung jawab pekerjaan membuatku jauh dari saudara-saudaraku dan orang tuaku. Tak ada lagi libur panjang untuk menghabiskan waktu di rumah. Tak ada lagi kumpul organda untuk sekedar makan bersama dan mengobrol lama. Tak ada lagi lembur di kampus dan berbagi lelah bersama saudara-saudaraku.

Aku masih bertahan di Bintaro, tapi tidak dengan saudara-saudaraku. Ada yang di Rawamangun, ada yang di Cempaka, ada yang di Senen, ada yang di Situbondo, ada yang di Batang, ada yang di Pontianak, ada yang di Denpasar, mereka tersebar ke penjuru nusantara. Dan aku, aku masih bertahan di Bintaro, rumah keduaku.

Saat teman-teman baruku berpindah-pindah tempat kos, aku masih bertahan di “rumah”ku. Yah, siapa tau saudara-saudaraku pulang dan perlu tempat bermalam.

Aku begitu menikmati tempat ini dan semua kenangan yang pernah aku lalui. Perjuangan yang mengantarku sampai saat ini. Tempat ini, tempat semua penderitaan sekaligus kebahagiaan yang pernah aku rasakan. Tempat yang punya probabilitas tinggi bagi saudara-saudaraku untuk “pulang”. Dan ketika waktu itu tiba, aku ingin menyambut mereka. Merasakan kembali kenangan yang pernah kami lalui bersama. Disini, di “rumah” ini.


Namun tiba-tiba aku tersadar..

Sore ini, di Pancoran. Aku sadar bahwa saudaraku ada di semua tempat yang aku kunjungi. Bukankah Islam mengajarkan bahwa umat muslim itu bersaudara?

Alhamdulillah, aku ada di rumah. Tempat dimana ada langit yang menaungi, tanah untuk dipijak, dan Allah serta karunia-Nya yang mengiringi.

diambil dari http://4.bp.blogspot.com/-GzC6kPbHySs/UtFtjWdaYNI/AAAAAAAARAQ/rpz-7PPck4U/s1600/Khutbatul+wada'+-+petikan+3+-+saudara+muslim+-+taqwa.jpg

Pancoran, 13 Maret 2015

Ba’da shalat Asar berjamaah dengan saudari-saudari di kantor

Tinggalkan Balasan

