Istri yang Seimbang dalam Rumah Tangga

Kajian bulanan kompleks BPPK Bintaro, Jumat, 6 Februari 2015

Narasumber: Dra. Kingkin Anida

 

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” [QS. Ar. Ruum (30):21]

Dalam pernikahan, visi sebuah keluarga adalah mencapai 3 hal, yaitu SAKINAH, MAWADDAH, dan RAHMAH.

  • SAKINAH

Sakinah dalam bahasa Arab berarti tenang, tenteram, damai, terhormat, aman, nyaman, merasa dilindungi, penuh kasih sayang. Bila diibaratkan dengan sebuah gelombang, sakinah adalah gelombang datang. Suatu hal yang baru, yang akan kita rasakan melalui pernikahan. Ketenangan dan rasa nyaman bersama pasangan.

  • MAWADDAH

Dalam bahasa Arab, Mawaddah bisa berarti perasaan cinta yang menggebu-gebu. Laksana gelombang naik, mawaddah membawa gairah dalam rumah tangga.

  • RAHMAH

Rahmah dalam bahasa Arab berarti ampunan, anugerah, karunia, belas kasih, rezeki. Bila dianalogikan dengan gelombang, rahmah merupakan gelombang turun. Rahmah membawa rasa syukur dan “nerima” dalam rumah tangga. Dengan rahmah, pasangan bisa saling menerima dan memahami satu sama lain.

 

KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA

  • Konflik Harian

Konflik harian ini terutama sangat terasa ketika waktu-waktu berangkat kerja. Istri sibuk berias diri, memasak sarapan, suami minta disiapin baju, anak sudah lapar minta sarapan, dan hal-hal lain semacamnya.

  • Konflik Bulanan

Konflik bulanan ini seringkali dirasakan oleh pasangan dengan penghasilan tetap, misal PNS. Setiap bulan harus ada kesepakatan antara suami dan istri untuk mengalokasikan gaji bulan tersebut. Kalau gaji tidak dikelola dengan baik, bisa-bisa rumah tangga kerepotan saat memasuki “tanggal tua”.

  • Konflik Tahunan

Saat lebaran tiba, pasti terjadi sedikit perdebatan tentang ke rumah siapa akan pulang kampung, rute perjalanan yang akan dilalui, lamanya pulang kampung, kapan berangkat, mau ngapai aja setelah pulang, dan sebagainya.

  • Konflik 7 Tahunan

Konflik 7 tahunan ini dapat disebabkan oleh masalah-masalah yang belum diselesaikan dan terakumulasi sampai bertahun-tahun. Konflik ini juga bisa disebabkan oleh pubertas suami. Semakin bertambahnya usia, suami akan merasa bahwa dirinya tidak se-“oke” yang dulu lagi. Jika suami sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pubertas seperti sering bercermin, sering pilih-pilih baju, maka istri harus bisa memanjakannya. Puji terus suami dan yakinkan suami bahwa dia tetap yang terbaik di mata sang istri meski sudah semakin bertambah usia.

 

TIPS MENJADI ISTRI YANG BAIK

  1. Beri sambutan yang manis kepada suami saat pulang ke rumah
  2. Percantik diri dan rendahkan suara saat berbicara dengan suami. Suami harus punya power dalam rumah tangga, jangan kalahkan dominansinya.
  3. Senantiasa tampil wangi dan selalu cantik
  4. Merasa puas dengan apa yang telah Allah berikan melalui suami
  5. Jangan pusing dengan hal-hal keduniaan
  6. Bersyukur dan memberikan apresiasi. Puji suami! Gak rela, kan, suami dipuji-puji oleh wanita-wanita lain di luar sana?
  7. Kesetiaan dan ketaatan
  8. Memenuhi perintah suami
  9. Jika suami marah, buatlah dirinya merasa lega
  10. Kecemburuan yang terpuji. Jangan cemburu buta!

 

TIME MANAGEMENT

  1. Dahulukan Allah! Suami bukanlah segalanya, Allah tetap yang paling utama. Penuhi kewajiban pada Allah, ikuti sunah Rasulullah, dan jalankan syariat Islam.
  2. Suami. Kedudukannya adalah nomor 4, yaitu setelah Allah, Rasulullah, dan Islam.
  3. Keluarga dan anak. Setelah kewajiban pada Allah dan taat pada suami, keluarga dan anak jadi prioritas selanjutnya.
  4. Pekerjaan dan tetangga. Bagi istri yang bekerja, hendaknya pekerjaan tidak menggeser prioritas pada keluarga.

selesai_____________________________

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s