Family Vacation – Pantai Jungwok

Bismillahirrahmanirrahim

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.” (QS Ali Imran:14)

Assalamu’alaikum

Penghujung Juli, 2014

Jalanan masih ramai dengan lalu lalang kendaraan. Beberapa kali terlihat macet di jalanan depan rumah. Maklum, masih musim libur lebaran dan jalanan depan rumah merupakan akses utama menuju pantai Gunungkidul.

Biasanya pada saat-saat seperti ini, kami sekeluarga malas untuk pergi keluar rumah. Panas dan macet membuat jenuh pikiran. Namun karena sudah lama sekali kami tidak rekreasi bersama, bapak tiba-tiba punya ide untuk main ke pantai. Aaaah, bayangan pantai yang ramai, tempat parkir penuh, jalanan macet dan panas langsung terlintas begitu mendengar ajakan bapak.

Bukannya mengurungkan niat, bapak justru senyum-senyum melihat ekspresi kami.

“Liyane dho ngidul to, dewe ngetan. Nang Jungwok kono, kidul Wediombo.”

(“Yang lain menuju selatan kan, kita ke timur. Ke Jungwok sana, selatan Wediombo.”)

Daaan, jadilah hari itu kami sekeluarga rekreasi ke Pantai Jungwok. Pantai ini terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, sebelah selatan Pantai Wediombo. Untuk menghindari macet, kami sengaja lewat jalan alternatif melalui Telaga Jonge. Asal sudah keluar dari Kecamatan Wonosari dan Semanu, tidak perlu khawatir terjebak macet.

Rata-rata pengunjung wisata dari luar kota memilih pantai-pantai di sekitar Kecamatan Tepus sebagai tujuan wisatanya. Promosi yang lebih baik dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, membuat pantai-pantai di wilayah ini ramai didatangi. Oleh sebab itulah kami menghindari keramaian pengunjung dengan memilih pantai di daerah timur yang jaraknya relatif jauh dari pusat kota.

Sebetulnya ada tiga pantai di kompleks yang akan kami datangi ini, yaitu Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, dan Pantai Nggreweng. Letaknya pun berdekatan, sehingga mudah untuk berpindah dari satu pantai ke pantai lainnya.

Sebagaimana keputusan awal, kami ke Pantai Jungwok. Akses masuk ke pantai ini masih cukup sulit. Meskipun jalan masuknya sudah diperbaiki dan diperlebar, tapi masih berupa tanah dan batu. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan yang tidak bisa melalui jalan ini (seperti kami-red), bisa parkir di kompleks parkir Pantai Wediombo. Selanjutnya, untuk menuju ke pantai, kita bisa berjalan kaki sekitar 1km atau menyewa motor yang disediakan pengelola dengan biaya sewa Rp15.000,- sampai Rp30.000,-.

Biar terasa gregetnya, kami memutuskan untuk berjalan kaki. Bagi pembaca yang hendak ke sini dan mencoba berjalan kaki juga, siapkan masker muka! Jalanan yang masih berupa tanah membuat debu beterbangan tiap kali angin berembus atau ada kendaraan yang lewat.

Perjalanan jadi terasa lebih bersemangat ketika tak lama kemudian laut yang biru terlihat di balik tanjakan. Subhanallah, laut seakan-akan terlihat lebih tinggi daripada tanah yang kami pijak. Kami pun jadi tambah bersemangat menuju ke Pantai Jungwok. 🙂

IMG_4256

IMG_4257

Oh iya, untuk informasi, di jalan masuk menuju Pantai Jungwok ini kita akan melewati kebun tebu di sebelah kiri jalan. Nah, di kebun itulah jalan masuk ke Pantai Nggreweng. Bagi wisatawan yang hendak ke sana, sebaiknya membawa kendaraan dan tidak disarankan untuk berjalan kaki. Bukan kenapa-kenapa sih, capek. Hehe 😀

Setelah melalui perjalanan yang panas dan berdebu ini, akhirnya kami sampai ke Pantai Jungwok. Alhamdulillah, pantainya sepi. Hehe 😀

IMG_4261

IMG_4296

IMG_4276

IMG_4336

Demikian perjalanan kami ke Pantai Jungwok. Bagi pembaca yang ingin berlibur ke pantai selatan Gunungkidul, ingin pantai yang tenang dan tidak terlalu ramai, dan tidak ingin terjebak macet, Pantai Jungwok, Wediombo, dan Nggreweng bisa jadi tujuan Anda. Silakan tinggalkan komentar untuk tanya-tanya 🙂

Wassalamu’alaikum

foto-foto oleh Khrisna Prabowo Murdo Sutopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s