Tentang Qurban dan Pengorbanan

~Laporan langsung dari Kajian Jumat :3

Assalamu’alaikum wr. wb.

Kajian Jumat hari ini membahas mengenai Qurban by Mbak Arik.

Tak hanya di bulan Dzulhijah, semangat berkurban juga harus senantiasa kita miliki. Bahkan meski kita belum mampu untuk berkurban hewan, kita bisa latihan berkurban dengan infak (iuran).

QS An Nisa: 95

“Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berperang) yang tidak mempunyai uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar,”

Surat ini mengungkapkan mengenai keutamaan sebuah pengorbanan. Orang yang jihad di jalan Allah akan lebih ditinggikan derajatnya dibandingkan orang yang duduk karena harta dan nyawa yang dia korbankan.

Mari kita mengingat kembali kisah Nabi Ibrahim yang meninggalkan istri dan anaknya di tengah gurun pasir atas perintah Allah. Ketika Nabi Ibrahim hendak pulang, Siti Hajar bertanya “Apakah ini perintah Allah, suamiku?”. Iya, jawab Ibrahim. Kemudian Hajar dengan ikhlas menjalaninya, meski harus ditinggalkan tanpa bekal di tengah gurun.

Begitu besar pengorbanan yang dilakukan para Nabi dan sahabat. Pengorbanan yang terwujud dari rasa cinta yang begitu besar pada Allah.

Seberapa besar pengorbanan kita di jalan Allah? Berapa menit waktu yang kita korbankan untuk beribadah di jalan Allah? Berapa besar harta kita yang dikeluarkan di jalan Allah? Seberapa sering tenaga kita digunakan untuk berbuat kebaikan? Yang paling penting, sudahkah segala kegiatan yang kita lakukan kita niatkan karena Allah?

“Seorang yang mati syahid diberi enam perkara ketika tetes darah mengalir dari badannya: dosanya diampuni, diperlihatkan surga, dikawinkan dengan bidadari, diamankan dari api neraka, diselamatkan dari siksa kubur, diberi pakaian indah ahli surga.” Hadist Bukhari

Semoga kita diberi kekuatan untuk memberikan segala apa yang kita punya! Semangat berbagi, kawan! 🙂

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s