Belajar dari Air

Assalamu’alaikum..

Pemikiran ini berawal dari kebiasaanku cari ide di kamar mandi. Entah berapa saja ide yang pernah aku temukan melalui perenungan secara seksama di kamar mandi. Hehe,

Semakin lama aku berfikir kalau bukan kamar mandinya yang bisa bikin tenang sehingga aku jadi cepet dapet ide, melainkan air yang ada di bak mandi dan sekelilingnya.

Air adalah salah satu ciptaan Allah yang aku suka. Air itu memberi ketenangan. Apalagi kalau airnya bersih. Air itu sejuk, menenangkan, mendamaikan, dan bisa bikin otak kita lebih rileks sehingga mudah dalam berfikir.

Air juga merupakan komponen penting bagi makhluk hidup. Sekitar 3/4 bagian tubuh kita terdiri dari air. Makhluk hidup juga memerlukan air untuk dapat tetap hidup. Manusia dan hewan bisa saja bertahan berjam-jam bahkan berhari-hari tanpa makan, namun tetap tidak dapat bertahan selama itu tanpa air. Air diciptakan Allah untuk memberi kehidupan bagi makhluk-makhluk ciptaan-Nya.

Aliran air, riaknya, bahkan di mana hari ini air hujan turun telah diatur oleh Allah. Air begitu patuh pada ketentuan-Nya. Keikhlasan air untuk patuh dan memberi manfaat pada manusia dan makhluk lain patut kita teladani.

Selain itu, air juga bersifat membersihkan dan menyucikan. Kita mandi, keramas, dan berwudhu dengan air. Kita juga mengepel lantai, mencuci baju, piring, mobil, dsb. dengan air.

Meski begitu, saudaraku, air juga menyimpan kekuatan yang luar biasa. Telah kita ketahui bersama, sudah banyak kerusakan yang disebabkan oleh kekuatan air yang luar biasa. Banjir, tanah longsor, banjir lahar dingin, sampai tsunami.

Di balik kelembutan dan ketenangannya, air sangat kuat. Bahkan manusia pun tak sanggup menandingi kekuatannya. Batu yang sangat keras pun bisa terbelah karena aliran air yang begitu teguh dan kuat. Sekali air itu mengalir, akan sulit bagi kita untuk menghentikannya.

Lalu, apakah kita mesti benci sama air?

Kita bisa bersahabat dengan air. Air bersikap sebagaimana sikap kita terhadapnya. Jika kita menyayangi air dengan tidak menyia-nyiakannya, menjaga lingkungan, tidak mengotorinya dengan sampah, tentunya air juga akan baik pada kita.

Banyak yang bisa kita pelajari dari air. Air itu lembut dan menenangkan, bersih dan suci, namun tetap teguh dan kuat. Air juga patuh pada Allah.

Betapa indahnya bila kita dapat bersikap seperti air. Lembut dalam bersikap, menenangkan bagi orang-orang di sekitarnya, cinta kebersihan, suci, dan tetap teguh dan kuat dalam menjalani kehidupan yang penuh cobaan ini.

Semoga kita dapat meneladani ciptaan Allah yang indah ini. Amin,

Wassalamu’alaikum…

(^_^)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s